Search
  • Clev Indonesia

Pembangunan SDM Indonesia Membaik Setiap Tahun


Negara yang berhasil adalah negara yang terus berkembang setiap tahunnya. Perkembangan pembangunan ini bukan ditinjau dari segi ekonomi dan teknologi semata, melainkan kualitas hidup manusia. Mengapa demikian? Karena sejatinya pembangunan bertujuan menciptakan kesempatan bagi masyarakat untuk memiliki umur panjang, sehat, dan menjalankan kehidupan yang produktif.


Kekayaan sebuah bangsa sesungguhnya adalah manusianya karena kemajuan bangsa ditentukan oleh masyarakat bangsa itu sendiri. Sangat kurang rasanya apabila sebuah negara memiliki sumber daya alam melimpah tapi tidak dibarengi dengan sumber daya manusia yang mampu untuk mengelolanya. Maka dari itu tujuan dari pembangunan harus bisa memberikan manfaat bagi masyarakat. Manusia yang berumur panjang, sehat, dan produktif dapat mendukung kemajuan bangsa dari segi ekonomi, teknologi, politik, dan lain-lain.


Pembangunan SDM di sebuah negara dapat diukur melalui Indeks Pembangunan Manusia (IPM) atau Human Development Index (HDI). IPM dibuat untuk menekankan bahwa manusia dan kemampuannya harus menjadi kriteria utama untuk menilai perkembangan suatu negara, bukan pertumbuhan ekonomi saja. Dimensi yang digunakan untuk mengukur IPM adalah umur panjang dan hidup sehat, pengetahuan/pendidikan (harapan lama sekolah), dan standar hidup layak (Produk Nasional Bruto).


Di Indonesia, nilai IPM setiap tahun selalu meningkat. Data dari PBB menunjukkan adanya peningkatan nilai IPM sebesar 34,6% dari tahun 1990-2018.


Tabel Peningkatan IPM Indonesia 1990-2019

(Sumber: undp.org)


Hal yang sama juga ditunjukkan oleh data Badan Pusat Statistik Indonesia dimana data IPM setiap tahun naik secara signifikan, menunjukkan pembangunan Indonesia yang semakin baik. Rata-rata pertumbuhan IPM di Indonesia adalah 0,89% per tahun. Dalam kurun waktu sembilan tahun dari 2010-2019 terjadi kenaikan IPM sebesar 5,39 poin. Pada tahun 2019, IPM Indonesia tumbuh 0,74% atau meningkat sebesar 0,53 poin dibanding tahun sebelumnya. Meskipun mengalami pertumbuhan, tetapi capaian ini lebih lambat dibandingkan pertumbuhan tahun sebelumnya yang mencapai 0,82%.


Grafik Pertumbuhan IPM Indonesia 2010-2019

(Sumber: bps.go.id)


Dari data-data tersebut terlihat bahwa negeri kita semakin tahun menunjukkan perkembangan yang patut kita apresiasi. Kualitas dan kesejahteraan hidup SDM di Indonesia semakin meningkat. Kompetensi masyarakat kita yang memadai mendorong optimisme untuk membawa Indonesia menjadi negara yang lebih maju.



Referensi:

Badan Pusat Statistik, IPM 2019

United Nations Human Development Programme, Indonesia’s HDR 2019


10 views
  • LinkedIn
  • Instagram

Address : Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No.487  Rungkut, Surabaya | Phone : (031) 8709625

© Copyright 2020 Lanius Inovasi Indonesia, Inc. All right reserved. Various trademarks held by respective owners