Search
  • Clev Indonesia

Pentingnya E-Learning untuk Training Karyawan di Masa Pandemi

Pelatihan merupakan salah satu faktor penting untuk meningkatkan produktivitas perusahaan. Peningkatan produktivitas perusahaan tidak hanya bergantung pada investasi teknologi, tetapi juga pada pelatihan sumber daya manusia. Pelatihan ini bertujuan untuk memaksimalkan potensi karyawan pada perusahaan.


Adanya pandemi Covid-19 menuntut semua perusahaan untuk cepat beradaptasi dan mengubah berbagai strategi sesuai dengan kondisi yang ada. Adanya pergantian karyawan, pelatihan dan pengembangan SDM karyawan pun harus berubah menyesuaikan kondisi pandemi saat ini. Menghadapi pandemi Covid-19 saat ini banyak perusahaan beralih mengadakan pelatihan karyawan secara E-learning atau menggunakan Learning Management System.


E-learning merupakan metode pelatihan baru yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan dan pengetahuan karyawan secara virtual. E-learning memfasilitasi penyesuaian pembelajaran sesuai dengan kebutuhan keahlian setiap pekerja, dapat memilih materi pembelajaran yang paling sesuai dan dapat diperbarui secara berkelanjutan (Shankar, 2007).


Jika dilihat sekilas, pelatihan konvensional mungkin tidak terlalu mahal dalam jangka pendek, tetapi disertai dengan biaya berkelanjutan mengakibatkan akumulasi dana dapat bertambah dalam jumlah besar. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa E-learning berpotensi mengurangi waktu pelatihan secara keseluruhan sebesar 40% hingga 60%. Sistem pelatihan online meminimalkan berbagai biaya yang biasanya terkait dengan pelatihan tatap muka. Biaya ini termasuk perjalanan dan akomodasi, biaya makan, pemeliharaan ruang kelas, sewa tempat, materi pembelajaran cetak, dan gaji untuk instruktur dan staf pendukung lainnya.


Sebagian besar komunitas pengajar mengakui bahwa e-learning merupakan strategi pelatihan yang efisien dengan serangkaian manfaat (Nisar, 2002):

  1. Penghematan waktu yang dialokasikan untuk pelatihan

  2. Interaksi antar pengguna menjadi lebih mudah

  3. Peningkatan fleksibilitas pembelajaran, pelatihan bisa diakses kapanpun dan memungkinkan pengguna untuk mengikuti kecepatan belajar mereka sendiri

Menanggapi situasi dan kondisi yang telah dijabarkan diatas, bagaimana penerapan pelatihan dan pengembangan SDM di perusahaan anda? Apakah sudah mengadaptasi Learning Management System yang baik? Jika belum, kami siap memberikan demo Learning Management System khusus untuk perusahaan anda secara gratis. Segera jadwalkan pertemuan dengan kami!


Referensi:

Shankar, V. (2007). E-learning in the corporate world

Nisar, T. M. (2002). Organisational determinants of e-learning. Industrial and Commercial Training, 34(7), 256–262.


2 views0 comments
  • LinkedIn
  • Instagram

Address : Jl. Baruk Utara X No.. 37, Surabaya | Phone : (031) 8709625

© Copyright 2020 Lanius Inovasi Indonesia, Inc. All right reserved. Various trademarks held by respective owners