Search
  • Clev Indonesia

Bagaimanakah Langkah Memilih Learning Management System yang Tepat?


Learning Management System adalah aplikasi yang digunakan oleh perusahaan maupun organisasi lain untuk mengembangkan, menyampaikan pembelajaran, dan monitoring progress pelatihan karyawannya. Sampai saat ini, kata pelatihan yang tertanam di benak kita yakni pelatihan konferensi sepanjang hari yang menyita banyak waktu, tenaga maupun materi. Semua hal itu pun tidak menjamin kesuksesan adanya program pelatihan tersebut.


Jenis pelatihan diatas merupakan pelatihan dengan cara yang konvensional. Sebanyak 82% organisasi lain saat ini sudah menggunakan Learning Management System untuk program pelatihan dan pengembangan karyawan mereka. Penggunaan Learning Management System dirasa mempunyai banyak manfaat tidak hanya bagi perusahaan, tapi juga bagi karyawan. Mulai dari menghemat banyak waktu dan tenaga, perusahaan juga dapat memonitor sejauh mana perkembangan belajar karyawannya.


Melihat peluang tersebut, banyak perusahaan yang mulai mengembangkan Learning Management System untuk pelatihan dan pengembangan karyawan. Mereka menawarkan berbagai macam interface, kemudahan dan fitur dalam software nya. Lalu, bagaimanakah cara memilih Learning Management System yang tepat untuk perusahaan Anda?


Pertimbangkan kebutuhan anda

Mulailah menganalisis siapa yang akan belajar dan apakah tujuan pembelajaran mereka? Keterampilan apa yang ingin anda berikan dan tingkatkan? Hasil akhir seperti apa yang ingin anda ukur? Berawal dari pertanyaan tersebut akan memunculkan ide yang jelas dan akan mempermudah menemukan Learning Management System yang dapat berkontribusi paling efisien untuk kebutuhan Anda.


Temukan yang sesuai

Pertimbangkan kesesuaian teknologi apa yang ingin anda gunakan. Mulai jenis konten apa saja yang sekiranya menarik bagi karyawan, teknologi apa yang digunakan dalam pelatihan dengan lingkungan yang berbahaya, dan beberapa teknologi lain yang sesuai dengan kebutuhan bisnis anda.


Tetapkan Fitur Prioritas

Learning Management System berkembang karena teknologi terus berubah. Dengan berbagai layanan dan fitur yang ditawarkan, penting untuk mengetahui fitur apa yang harus anda prioritaskan.


Apakah tampilan aplikasi yang menarik, adanya kuis interaktif, kemampuan penilaian otomatis, bahkan sampai monitoring progress kemampuan belajar karyawan. Prioritaskan hal-hal yang paling banyak memberikan manfaat untuk bisnis anda. Fitur mana yang paling berguna dalam memenuhi tujuan pelatihan dan pengembangan karyawan yang telah anda tetapkan sebelumnya.


Rencanakan Untuk Masa Depan

Mulailah dengan pertanyaan akankah Learning Management System yang anda pilih dapat memenuhi tujuan perusahaan beberapa tahun ke depan? Jenis pemeliharaan apa yang mungkin perlu dilakukan dan dibayar agar Learning Management System anda tetap berjalan selama bertahun-tahun? Ini semua adalah pertanyaan penting untuk dipertimbangkan saat Anda membandingkan banyak opsi Learning Management System yang dipilih. Berpikirlah secara strategis, dan pertimbangkan bagaimana kebutuhan bisnis dan pelatihan Anda dapat berkembang.


Cobalah Sendiri

Dengan mencobanya sendiri akan memberitahu anda layanan fitur apa yang ditawarkan oleh Learning Management System yang sedang anda pertimbangkan. Uji coba dengan demo dapat memberi Anda kesempatan untuk menguji penyiapan dalam konteks yang akan Anda gunakan, memberi Anda kesempatan untuk mencatat setiap potensi masalah yang mungkin muncul sebelum Anda berinvestasi.


Pilih Learning Management System yang memberikan uji demo secara gratis seperti CLEV. CLEV LMS mendukung berbagai format pembelajaran yang mampu memonitoring kebutuhan dan progress pembelajaran karyawan. CLEV memberikan berbagai pengalaman belajar dengan Augmented Reality (AR) Training sebagai pembelajaran berbasis observasi, dan Virtual Reality (VR) Training sebagai pembelajaran berbasis praktek yang secara khusus dapat digunakan pada lingkungan pelatihan yang berbahaya. Apakah Learning Management System anda dapat memberikan keunikan dan fitur seperti CLEV? Segera dapatkan demo gratis dan jadwalkan pertemuan dengan kami!


source:

E-Learning Industry


3 views0 comments