Search
  • Clev Indonesia

6 Tren Pengembangan SDM di 2021


Photo by Alvaro Reyes on Unsplash


Memasuki tahun yang baru, banyak perubahan dalam proses operasi perusahaan yang terjadi di tengah pandemi ini. Kegiatan pengembangan SDM tidak luput dari perubahan tersebut. Peran pembelajaran dan pengembangan SDM di perusahaan terus meluas. Banyak manajer L&D yang proaktif mendukung inisiatif perubahan ini dengan memfasilitasi berbagai program kegiatan pengembangan karyawan.


Di tahun 2021 ini, tren pengembangan dan pembelajaran SDM akan sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, terlebih karena kita masih berada di situasi pandemi sehingga fokus pengembangan SDM akan menyesuaikan kondisi saat ini. Pada tren tahun ini, penggunaan teknologi jadi salah satu opsi yang banyak dipilih untuk mendukung pembelajaran dan pengembangan SDM. Berikut tren pengembangan SDM yang diprediksi akan berkembang di 2021.


Pembelajaran virtual

Dengan adanya pembatasan sosial dan karyawan berpindah kantor di rumah masing-masing, kegiatan pembelajaran karyawan juga bergeser ke arah virtual. Pelatihan dan seminar yang biasanya dilangsungkan di kelas kini berubah menjadi webinar dan pembelajaran melalui platform e-learning. Memang pembelajaran virtual bukan sesuatu yang baru, tetapi tahun ini agaknya mulai menjadi norma baru di perusahaan.


Fokus yang meningkat pada upskilling

Mewabahnya COVID-19 sejak tahun lalu mengharuskan banyak perusahaan menjalankan kebijakan work from home (WFH). Kebijakan ini membuat karyawan memiliki banyak waktu luang sehingga pihak manajemen banyak yang memanfaatkannya untuk melakukan reskilling dan upskilling. Kebutuhan upskilling dan reskilling terjadi bukan karena ada pandemi, tapi memang ini sudah menjadi masalah yang lama belum terselesaikan. Laporan dari McKinsey mencatat bahwa hampir 90% eksekutif yang disurvei melaporkan bahwa mereka sedang dan akan mengalami skill gap di tempat mereka.


Tim kecil akan terus menjadi norma

Pandemi membawa tantangan finansial yang serius bagi bisnis besar dan kecil. Salah satu dampak langsungnya adalah perampingan karyawan. Tren ini akan berlanjut hingga 2021 karena perusahaan mencoba memperoleh kembali profitabilitas yang hilang tanpa mempekerjakan lebih banyak orang. Tapi di sisi lain, perampingan ini jadi mengharuskan karyawan untuk multitasking. Hal inilah yang perlu menjadi perhatian manajer SDM untuk mengadakan pelatihan agar karyawan mampu agile dengan kondisi.


Fokus pada kolaborasi

Dengan tim yang lebih kecil dan lebih sedikit karyawan, diperlukan kolaborasi yang lebih besar terutama kolaborasi lintas tim. Untuk mendukung kebutuhan itu, perusahaan akan membutuhkan tidak hanya teknologi pendukung, tapi juga pelatihan untuk membantu karyawan memahami cara kerja yang baru, bagaimana berkomunikasi secara efektif dalam situasi lintas tim dan departemen, dan pada proses kerja kolaboratif.


Gamification akan semakin berkembang

Gamification telah populer di dunia pembelajaran dan pengembangan SDM sejak beberapa waktu lalu. Tapi di tahun 2021, tren ini akan semakin berkembang terutama dengan penggunaan augmented reality (AR) dan virtual reality (VR). Kenapa gamification bisa populer di kalangan pengembangan SDM? Beberapa alasannya yakni karena elemen gamification mampu menciptakan tingkat keterlibatan karyawan/peserta pelatihan yang lebih tinggi dan juga membantu mereka menyerap dan menyimpan informasi lebih baik. Selain itu gamifikasi juga dapat memberikan tingkat persaingan yang mendorong karyawan untuk bekerja lebih baik dan berbuat lebih banyak.


Fokus yang lebih besar pada work-life skill

Untuk waktu yang terlalu lama, pembelajaran dan pengembangan karyawan hanya fokus pada hal-hal seperti pelatihan wajib, pendidikan lanjutan yang diperlukan, atau peningkatan keterampilan untuk menutup kesenjangan keterampilan yang ditentukan. Namun dengan adanya pandemi, orang-orang jadi punya kesempatan untuk mengembangkan keterampilan baru yang membantu mereka lebih bahagia. Nantinya, semakin banyak karyawan akan mengharapkan perusahaan untuk memberi mereka keleluasaan untuk mengambil kursus yang tidak secara langsung berkaitan dengan posisi mereka di perusahaan,


Keenam hal ini akan mendominasi dunia pengembangan SDM di tahun 2021. Manajer SDM sebaiknya telah memiliki pandangan dan rencana pengelolaan karyawan yang berbeda dan relevan untuk tahun ini sehingga karyawan dapat bekerja dengan baik untuk mencapai tujuan bersama perusahaan.


Sumber:

Employee Learning and Development Trends for 2021. eleap


35 views0 comments