Search
  • Clev Indonesia

4 Kelebihan Pembelajaran Visual Untuk Pelatihan Karyawan

Updated: Nov 24




Misalnya Anda baru saja membeli sebuah meja yang harus Anda rakit sendiri. Mana yang lebih Anda pilih? Membaca berkalimat-kalimat detail cara merakit meja tersebut atau melihat gambar cara merakit meja? Atau menonton instruksi dalam bentuk video, jika ada?


Contoh lain apabila Anda sedang mengikuti sebuah pelatihan bagaimana cara mengoperasikan mesin baru di tempat kerja Anda. Akankah Anda lebih senang membaca modul, mendengarkan penjelasan trainer, atau melihat secara langsung instruksinya?


Kita semua tentu sudah tahu bahwa terdapat berbagai macam gaya belajar begitu pula medianya. Mulai dari gaya belajar auditori, kinestetik, visual, membaca dan menulis. Media belajar dalam bentuk bacaan, audio, video praktik dan lainnya. Dari kedua contoh di atas, saya yakin mayoritas dari Anda akan memilih melihat atau menonton. Belajar dengan menggunakan media visual memang lebih menarik, baik bagi anak-anak maupun orang dewasa. Banyak studi juga sudah menyatakan bermacam kelebihan visual learning mulai dari mempercepat pemahaman hingga meningkatkan kinerja.


Mempercepat pemahaman materi

Gambar mampu menyampaikan konsep yang rumit dengan mudah, sesuatu yang mungkin akan sangat susah dijelaskan dengan tulisan. Selain itu melalui gambar juga dapat menjelaskan sebuah informasi secara kontekstual, yang membuat kita cepat memahami dan mencerna informasi tersebut.


Mampu mengingat informasi lebih lama

Belajar dengan bantuan gambar atau video yang bagus akan membantu kita mengingat dan menghafal informasi jauh lebih lama dibandingkan hanya dengan tulisan. Hal ini dikarenakan video dan gambar yang kita lihat diproses langsung oleh memori jangka panjang kita. Itulah mengapa terkadang kita lebih ingat bentuk gambarnya dibandingkan deskripsinya. Atau ketika kita membaca sebuah buku, kita akan terlebih dahulu mengingat bagian halaman informasi yang kita butuhkan, bukan kalimatnya.


Pembelajaran visual akan membantu kita mengingat informasi yang penting. Misalnya saat mengikuti pelatihan cara mengoperasikan mesin baru, Anda menonton video atau melihat trainer mempraktikkan cara mengoperasikan mesin tersebut. Pada saat melakukan OJT, Anda bisa lebih cepat mengingat langkah-langkah apa yang harus Anda lakukan.


Meningkatkan motivasi belajar

Belajar memang sesuatu yang membosankan, apalagi jika materi yang dipelajari bukan materi yang menarik. Belum lagi jika harus berkutat dengan buku dalam waktu lama. Informasi yang kita serap sudah pasti tidak maksimal. Dengan pembelajaran visual, teks yang didukung kualitas gambar yang baik dan video yang menyenangkan akan meningkatkan pengalaman belajar, membuat belajar jadi lebih menyenangkan dan akhirnya kita termotivasi untuk belajar lebih lama dan lebih sering.


Meningkatkan kinerja

Pembelajaran visual dapat meningkatkan pemahaman kita terhadap sebuah materi. Hal ini secara langsung dapat meningkatkan rasa percaya diri dalam melakukan pekerjaan sehari-hari karena kita sudah tahu apa yang harus kita lakukan.

8 views
  • LinkedIn
  • Instagram

Address : Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No.487  Rungkut, Surabaya | Phone : (031) 8709625

© Copyright 2020 Lanius Inovasi Indonesia, Inc. All right reserved. Various trademarks held by respective owners